Respon Masyarakat Desa Cibalung Terhadap Teknologi Berbasis Web Guna Membantu Pemasaran Produk Olahan

Authors

  • Adam Anom Jati Institut Pertanian Bogor
  • Lisma Aulia Rohmah Institut Pertanian Bogor
  • Lidya Hawila Sallo Institut Pertanian Bogor
  • Mahda Aryo Firdaus Institut Pertanian Bogor
  • Destriana Nur Institut Pertanian Bogor
  • Muhammad Fauzan Lazwar Institut Pertanian Bogor
  • Agief Julio Pratama Institut Pertanian Bogor
  • M. Iqbal Nurulhaq Institut Pertanian Bogor
  • Tri Budiarto Institut Pertanian Bogor
  • Widya Hasian Situmeang Institut Pertanian Bogor
  • Ratih Kemala Dewi Institut Pertanian Bogor
  • Restu Puji Mumpuni Institut Pertanian Bogor
  • Edi Wiraguna Institut Pertanian Bogor

DOI:

https://doi.org/10.62951/manfaat.v2i2.354

Keywords:

Website, Community Development, Micro, Small, Medium Enterprises (MSMEs)

Abstract

This research aims to help MSMEs in Cibalung Village through the creation of a website with features that are specially designed according to the wishes and needs of the MSMEs in the village. The creation of this website involves several respondents in Cibalung Village which includes Farmers, MSME business actors, Housewives, and freelancers. The website that was created is intended as an information media about agricultural cultivation, fisheries and livestock and marketing that can be used to introduce and promote processed products for the community in the village. Data collection was carried out with a survey using a questionnaire with 21 questions and reinforced by interviews. based on the results of interviews and questionnaires obtained with 30 respondents from the entire UMKM population in Cibalung Village.

References

Basri, H. (2018). Kemampuan kognitif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran ilmu sosial bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(1).

Cahyani, R., Kosasih, U., Sulastri, Y., Gita, T. W., & Amanda, R. A. (2023). Pendampingan pemasaran UMKM camilan di Kampung Jamuju Desa Sindulang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 5(2), 150–158.

Damanik, I. P., Tahitu, M. E., & Kembauw, E. (2024). Respon petani terhadap rencana pengembangan agroeduwisata di Desa Waimital, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku. Jurnal Penyuluhan, 20(2), 191–202.

Idayu, R., Husni, M., & Suhandi, S. (2021). Strategi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Banten. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 7(1), 73–85.

Magdalena, I. A., Hidayah, T., & Safitri. (2021). Analisis kemampuan peserta didik pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik siswa kelas IIB SDN Kunciran 5 Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 48–62.

Nurlailah, E., & Wardani, K. R. N. (2023). Perancangan website sebagai media informasi dan promosi oleh-oleh khas Kota Pagaralam. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 8(4), 1175–1185.

Oktavia, C. A., & Dewantara, R. (2024). Implementasi sistem informasi berbasis Android untuk promosi dan pemasaran UMKM jamur tiram. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 8(2), 69–79.

Rizqy, M., Zachani, N. S. A., Fajri, S., & Suryandari, M. (2023). Pengaruh media teknologi informasi modern terhadap aktivitas dakwah di era Revolusi Industri 4.0. Aladalah: Jurnal Politik, Sosial, Hukum dan Humaniora, 1(1), 22–42.

Saleh, K. (2022). Respon petani padi sawah terhadap program budidaya padi sistem jajar legowo di BPP Tegalkunir, Kabupaten Tangerang. Jurnal Penyuluhan, 18(1), 196–207.

Saputra, M. E. (2024). Perancangan dan implementasi website edukasi dan penjualan hidroponik pada Program Studi Independen 1000 Start Up Digital Sumsel [Skripsi, Institut Pendidikan Sains dan Teknologi].

Septarina, L., Hakim, L., Febriani, O. M., & Azim, F. (2023). Pelatihan pembuatan website untuk pemasaran produk UMKM Desa Ceringin Asri. NEAR: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 150–153.

Setyawan, R. A., & Atapukan, W. F. (2018). Pengukuran usability website e-commerce Sambal Nyoss menggunakan metode Skala Likert. Jurnal Compiler, 7(1), 54–61.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarso, B., Harahap, M. A. K., & Suparwata, D. O. (2025). Manajemen kota dan pengembangan ekonomi lokal melalui pemanfaatan sistem informasi bisnis: Tinjauan pustaka tentang strategi meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan UMKM dan pemanfaatan teknologi informasi. Jurnal Minfo Polgan, 14(1), 336–345.

Varadisa, A. Q., & Ridho, W. F. (2023). Pendampingan digital marketing guna meningkatkan branding UMKM Desa Sumberjo. NEAR: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 22–26.

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Adam Anom Jati, Lisma Aulia Rohmah, Lidya Hawila Sallo, Mahda Aryo Firdaus, Destriana Nur, Muhammad Fauzan Lazwar, … Edi Wiraguna. (2025). Respon Masyarakat Desa Cibalung Terhadap Teknologi Berbasis Web Guna Membantu Pemasaran Produk Olahan. Manfaat : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 2(2), 79–89. https://doi.org/10.62951/manfaat.v2i2.354

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)